Istilah Oppa is Mine (OIM) Bagi Pecinta Drama Korea dan KPOP


Telolet

Sebagai seorang penggemar Ha Ji Won, aku mulai berteman dengan sesama penggemarnya di Instagram. Tentu banyak macam penggemar yang kutemui (di Instagram pastinya). Ada yang hanya sekedar kagum, ada yang mengait-ngaitkan alias jodoh-jodohin dengan selebriti lain (istilahnya nge-ship), tapi juga ada hater yang menyamar menjadi fan-nya. Nah, aku ini tipe penggemar yang kagum iya, nge-ship juga iya. :D.

Suatu hari kulihat instastory teman saya (yang juga seorang fan of Ha Ji Won) yang isinya curhat. Isi curhatannya... dia dilabrak oleh fan EIM. Dari sini aku belum mengerti apa itu EIM, mulailah aku ubek-ubek Google, tapi amsyong, gagal, saat kucari A keluarnya B, jauh pokoknya. Akhirnya kubuat instastory, eh ada yang membalas story yang kubuat. Dia menjelaskan apa yang dimaksud EIM, OIM, dan sebagainya.


Jadi istilah ini sebenarnya sebutan bagi penggemar atau fan yang merasa memiliki selebriti A (nama samaran). Ada macam-macam, mulai dari OIM (Oppa is Mine) yang pastinya penyakit ini dimiliki oleh seorang wanita. Lalu ada lagi EIM (Eonnie is Mine), aku sedikit heran dengan yang satu ini, kok bisa seorang perempuan begitu terobsesinya pada perempuan lain sampai mengklaim si perempuan lain ini miliknya.

Pas aku bertanya ke teman yang balas story tadi, sebenarnya juga ada penyakit buat laki-laki juga, tapi ya sepertinya jarang, secara laki-laki logikanya rada main, wkwk. Ada istilah NIM (Noona is Mine), penyakit ini mungkin masih bisa ditolerir (sedikit), laki-laki ke perempuan. Ada lagi HIM (Hyung is Mine), yang ini lebih tidak mungkin ada sepertinya, ada mungkin punya gangguan psikis :D.


Mungkin selain itu ada penyakit-penyakit lain, seperti Appa is Mine (malah ingat sama film Ha Ji Won, Phone :v), Omma is Mine, Song Saeng Nim is Mine, dan semacamnya. Hmm, ada-ada saja sifat penggemar itu.

Kesimpulan

Jadi seorang penggemar itu tidak perlu jadi seorang yang fanatik, apalagi jadi fanatik yang keblinger. Banyak penggemar yang mengharap idolanya melajang sampe tua, memangnya nanti kalau sudah peyot masih mau(?). Aku pernah baca artikel, seorang artis (sebut saja Kang Dong Won) yang pernah menyatakan kalau dia masih belum ada niatan untuk menikah, lalu ada artikel yang bilang kalo dia dilarang nikah oleh penggemarnya. Wat dhe hel... Dia juga manusia, manusia tak bisa melawan kodratnya, kodratnya ya nikah, kawin. 


Sebagai seorang penggemar sejati, seharusnya beri support ke figur yang dikagumi agar hidupnya enak. Agar cepat nikah, punya momongan, hidup tentram. Bukan malah ngekang, setiap ada berita jadian, "Aduh, oppa... gak rela" pret. Ingat, mereka bukan properti yang seenaknya bisa kita miliki. Mereka juga punya kehidupan pribadi yang kita sebagai penggemar nggak boleh melewati atau mengusiknya. 


So, support saja idolamu dengan hati yang tulus dan ikhlas. Karena semuanya akan bermuara kepada ketentraman hati kita. Letakkan nafsu pada tempatnya. Karena, pada bidang apapun, kita harus nerapin yang namanya batasan-batasan. Ehm.

Wassalam...
Istilah Oppa is Mine (OIM) Bagi Pecinta Drama Korea dan KPOP Istilah Oppa is Mine (OIM) Bagi Pecinta Drama Korea dan KPOP Reviewed by Tokmbo on Juni 07, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.