Rasanya Terserang Kutu Rambut

Intro

Sebagian orang menganggap rambut sebagai mahkota yang dikenakan di kepalanya. Sebagian orang suka menata rambutnya dengan berbagai macam gaya sesuai yang diinginkannya. Begitu juga dengan rambutku yang lebih sering saya biarkan terurai tanpa tatanan yang rapi, alias tidak pernah bersisir. Sebelumnya semua berjalan baik-baik saja, bahkan saat rambutku terurai cukup panjang. Namun bagaimana jika kulit kepala terasa begitu gatal? Hal inilah yang aku alami, seorang lelaki yang tidak pernah diterpa isu kutu rambut.


Apa itu Kutu Rambut?


Kutu rambut merupakan serangga kecil yang tinggal di rambut manusia dan hidup dari mengisap darah melalui kulit kepala. Saking kecil ukurannya, sekilas kutu rambut sulit terlihat oleh mata. Kutu rambut memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari sebesar kepala peniti hingga biji wijen.

Masa tetas telur kutu berkisar antara 8-9 hari. Untuk mencapai ukuran dewasa, seekor kutu biasanya membutuhkan waktu 9-12 hari. Setelah dewasa, kutu bisa hidup sampai empat minggu sebelum akhirnya mati.

Apa yang kurasakan?

Pada awal mula, aku merasakan adanya sesuatu yang bergerak di dalam rambut saya, hal itu juga cukup mengganggu. Beberapa waktu kemudian aku mulai merasakan gatal yang luar biasa di kulit kepalaku. Rasa gatal ini disebabkan oleh 'kegiatan' hisap darah yang dilakukan oleh kutu rambut. Rasa gatal yang luar biasa ini dapat memancing si empunya kepala untuk menggaruk-garuk kulit kepalanya sehingga terjadi luka-luka yang nantinya menjadi koreng.

Bagaimana bisa terkena Kutu Rambut?

Kutu rambut hanya diidap manusia dan hanya dapat menular antar manusia saja. Parasit ini tidak dapat ditularkan pada hewan atau pun sebaliknya. Penularan kutu rambut dapat terjadi melalui:

  • Kontak langsung. Penularan ini terjadi ketika rambut seseorang bersentuhan dengan rambut penderita yang memungkinkan kutu rambut merayap dan berpindah tempat.
  • Kontak tidak langsung. Penularan ini terjadi melalui perantara benda terkontaminasi kutu atau telur kutu yang dipakai bersama-sama. Contohnya sikat rambut, sisir, helm, topi, seprai, bantal, earphone, handuk, atau baju. Walau demikian, penularan dengan cara ini sangat jarang terjadi.
Kutu rambut tidak bisa terbang atau melompat dari satu kepala ke kepala orang lain. Infeksi kutu rambut tidak berkaitan dengan kebersihan rambut seseorang juga.

Pada kasusku sendiri, kemungkinan aku tertular oleh adik perempuanku yang masih baru lulus SD. Karena selama aku berada di Malang, dialah yang memakai kamarku. Mulai saat aku menyadari kalau aku terjangkit kutu rambut, aku mulai menjaga jarak dengannya, kasihan juga...

Apa yang kulakukan?

Aku mulai memotong rambut panjangku (sangat disayangkan). Setelah itu, setiap mandi aku menggunakan sampo, kemudian menyikat kulit kepalaku dengan sikat gigi (bekas) yang kumiliki. Pada proses ini, aku sering mendapatkan beberapa kutu rambut atau telurnya. Setelah mandi, rambut kuberi pomade hingga menyentuh kulit kepala, sehingga kutu-kutu ini tidak bisa bergerak (itu asumsi yang kubuat). Hal itu terus kulakukan rutin satu kali sehari, karena aku mandi cuma sekali tiap harinya. Efek gatal atau rasa ada sesuatu yang berjalan juga mulai berkurang setelah beberapa hari. 

Karena mulai tidak mendapatkan hasil saat menggunakan sikat gigi, aku beralih menggunakan sisir serit. Bahkan menggunakan sisir seritpun hanya mendapat satu kutu dan beberapa telur kutu. Rasa gatal sudah mulai hilang, meski terkadang seperti ada yang berjalan di rambut. Tapi saat mencoba mencari menggunakan sisir serit, yang kudapat hanya kotoran-kotoran debu. Mungkin juga ini efek trauma akan kutu rambut, sehingga membuatku berhalusinasi.

Kesimpulan

Kutu rambut memang menjengkelkan, tapi jangan pernah menganggap seseorang yang berkutu rambut sebagai orang yang jorok. Karena kutu ini dapat menular melalui berbagai perantara. Banyak pula cara untuk membasmi kutu rambut, salah satunya yang seperti kulakukan. Cara pintas yang paling ampuh tentunya menggundul rambut kamu, hehe. Jujur, aku kapok diserang kutu rambut, cukuplah ini menjadi yang pertama dan terakhir.. 😁
Rasanya Terserang Kutu Rambut Rasanya Terserang Kutu Rambut Reviewed by Tokmbo on Juli 25, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.